Internet

Sabtu, 06 Februari 2010


Mungkin sudah akrab di telinga kita. Tapi, mungkin diantara kita masih ada yang masih belum paham apa internet itu. Oleh karena itu pada kesempatan ini, akan kita bahas sekilas tentang internet dan intranet.

Internet merupakan singkatan dari interconnected network. Yang maksudnya adalah sekumpulan computer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan. Karena computer yang satu dengan yang lain saling terhubung maka computer-komputer tersebut bias saling tukar-menukar data.

Perbedaan antara internet dengan intranet adalah kalau internet cakupannya sangat luas bias menjangkau seluruh dunia, sedangkan intranet cakupannya lebih kecil, seperti di dalam perkantoran, gedung, ataupun sekolahan.

Internet memegang peranan sangat penting bagi kemajuan tehnologi, yaitu: (1). Internet menjadi sumber data dan informasi, (2) sebagai sarana untuk berkomunikasi.

Internet menjadi salah satu pemicu globalisasi, karena dengan internet seolah-olah batas jarak dan waktu tidak ada. Melalui internet sesorang dapat berkomunikasi dengan orang alin tanpa dibatasi oleh batas-batas Negara, hukum atau birokrasi Negara maupun jarak dan waktu.

Aplikasi Internet

Aplikasi internet adalah perangkat lunak yang digunakan dalam dunia maya (Internet). Aplikasi-aplikasi tersebut berkembang dan terus bertambah dari waktu ke waktu. Ada bebrapa program aplikasi internet yang sering digunakan. Diantaranya:

a. WWW (World Wide Web)

Adalah program aplikasi yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. www adalah dokumen-dokumen yang tersipam di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen tersebut disimpan dalam bentuk HTML (Hipertext markup language). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (Link) dokumen satu dengan dokumen yang lain.

b. Electonic Mail (E-Mail)

Aplikasi Internet untuk surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Dengan email seseorang dapat mengirim surat dengan cepat dan baiya murah.

c. Mailing list

Mailng list hamper sama dengan email, namun dengan milist seseorang dapat mengirimkan email secara sekaligus kepada email yang tergabung dalam milis. Sehingga sering dimanfaatkan untuk sarana diskusi kelompok melalui internet.

d. Newsgroup

Newsgroup merupakan aplikasi internet untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Newsgruop merupakan belettin board dalam bentuk elektronik dan menjadi sarana seseorang untukmemaparkan pendapatnya kemudian dibaca oleh orang lain.

e. Internet Relay Chat

Internet Relay Chat adalah aplikasi internet untuk bercakap-cakap seseorang dengan orang lain. Melalu Internet Relay Chat seseorang bias bercakap-cakap melalui tulisan, suara ataupun gambar dengan webcam.

f. File transfer Protocol

File transfer Protocol adlah aplikasi internet untuk mengirim dan mengambil file dari computer lain. Di dalam dunia internet pengambilan file disebut dengan istilah Download, sedangkan pengiriman file dikenal dengan istilah Upload.

g. Telnet

Telnet adlah apliaksi internet untuk mengakses computer yang jaraknya sangat jauh. Untuk mengakses computer lain maka kita harus mempunyai alamat IP (IP Addres) dan Hak akses (User ID dan Password)

h. Ghoper

Ghoper adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk mencari informasi di internet dalam bentuk teks.

i. Ping

Ping Adalah kependekan dari Pocket Internet gopher. Ping berfungsi untuk mendeteksi apakah computer terhubung dalam sebaug jaringan aatu tidak.

Dari uraian di atas dapat kita ambil kesimpulan, kegunaan internet adalah

  1. Sarana mendapatkan dan menyampaikan infornmasi denga cepat dan murah.
  2. Dapat menghemat biaya.
  3. Menjadi saran promosi yang murah
  4. Sarana komunikasi yang interaktif
  5. Sarana research dan development
  6. Sarana tukar menukar data

0 komentar:

Posting Komentar