Kemampuan Bahasa Inggris

Sabtu, 06 Februari 2010


Kemampuan berbahasa Inggris pada setiap siswa memang berbeda-beda. Hal itu mungkin bisa dikarenakan cara belajarnya yang bermacam-macam, semangat belajarnya atau pas lagi mood-nya pakai menggunakan bahasa Inggris. Hal ini juga tak lepas dari semboyan negara kita yaitu, Bhineka Tunggal Ika, ya nggak?

Bersangkutan dengan hal di atas, Saya punya suatu kenangan di kelas saat pelajaran bahasa Inggris..

Pada suatu ketika, guru bahasa Inggris saya heran. Mengapa kemampuan bahasa Inggris saya dan teman-teman saya selalu bervariasi. Artinya, saat ditanya arti bahasa Indonesianya ada yang bisa dan tidak.

“Coba Kamal, apa bahasa Iggrisnya counter?” tanya Guru bahasa Inggris saya suatu saat.

Karena dia paham sekali tentang dunia HP, Dia menjawab, “Pusat, Paaak”.

Usut punya usut. Guru saya berpendapat bahwa kemampuan bahasa Inggris siswa di kelas saya berbeda-beda karena banyak sedikitnya bahasa Inggris yang dekat dengan kehidupan keseharian kami. Maksudnya, apa saja kata bahasa inggris yang sering kami temui dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya guru saya bertanya, “Ria, apa bahasa Inggrisnya orang yang suka buat masalah?”

Ketika Ria, teman saya yang sering membuat saya dan teman saya -maaf- kesal, Teman sekelas spontan berteriak, “Trouble maker, Paaak”.

Mahmuddin Ridlo, siswa MTs Nurul Ummah, Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar